Minggu, 13 Februari 2011

NYERI LUTUT

Mengatasi NYERI LUTUT


Nyeri Lutut sakit adalah keluhan umum yang cukup banyak yang dialami oleh orang dewasa terutama usia diatas 40 tahun. Lutut adalah sendi terbesar dalam tubuh. Hal ini terdiri dari ujung bawah dari tulang paha (atau tulang paha), yang berputar di ujung atas dari tulang kering (tibia). Sendi lutut terdapat beberapa otot dan tendon yang melekat pada tulang guna membantu mengontrol kontrol gerakan dengan tulang serta sebagai bantalan lutut dalam pergerakan.

Karena ukurannya serta struktur yang kompleks, maka sendi ini mudah mengalami cedera. Cedera lutut dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Sebagian besar keluhan nyeri lutut hasil dari beberapa bentuk trauma atau salah urat (keseleo), seperti ligamen robek atau pecah, atau retak tempurung lutut patah, tulang rawan yang robek, atau kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada daerah atau strain lutut di luar rentang normal gerak. Kondisi lain yang dapat menyebabkan nyeri lutut adalah infeksi, artritis; hemarthrosis (darah pada sendi lutut), kista dan tumor tulang. Kelebihan berat badan juga dapat berkontribusi untuk masalah lutut dengan menyebabkan regangan berlebih pada ligamen dan tulang rawan.

Lutut sakit yang dialami dari kebanyakan orang adalah karena, jumlah tulang rawan di lutut berkurang, dan banyak ligamen mulai kehilangan beberapa elastisitas mereka, membuat mereka lebih rentan terhadap rasa sakit dan / atau cedera.

Beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum sakit lutut itu masuk ke meja Operasi (lihat www.jakarta-knee-centre.com)
1. Jangan meremehkan sakit tersebut! karena jika sakit berlanjut maka darah yang kurang lancar atau macet tersebut akan menimbulkan pengapuran. jika sudah demikian.. pengobatan alternatif seperti bekam, pijat atau akupunktur kurang begitu maksimal didalam mengatasinya.
2. Ada beberapa titik akupunktur yang sangat efektif untuk mengatasi sebelum sakit lutut berlanjut..
Jika permasalahan ada pada Meridian Tay Yin Kaki Maka Meridian Tay Yin tangan LU5 titik terapinya
Jika Permasalahan ada Pada Meridian Yang Ming kaki, Maka Meridian Yang Ming Tangan LI 10 titik terapinya
Jika Permasalahan ada Pada Meridian Sao Yin kaki, Maka Meridian Sao Yin Tangan HT3 titik terapinya
dan seterusnya..(lihat kembali tulisan Terapi Kesimbangan 1)
dalam perabaan jika terasa dingin pada daerah yang sakit dapat dilakukan penusukan atau dengan menggosok-gosokan/pijat penghangat seperti counterpain atau obat gosok terlebih dahulu, namun jika tidak ada perubahan.. maka tehnik pengeluaran darah seperti bekam dapat dijadikan solusi untuk mengatasi sumbatan darah tersebut.
3. titik terapi mengatasi sesak nafas sangat membantu pula dalam mengatasi nyeri lutut ini.

Catatan : Di dalam teori Akupunktur sakit lutut berhubungan dengan fungsi Jantung dengan Ginjal, karena Energy Ginjal berkumpul di lipat lutut. Jadi sekali lagi jangan meremehkan nyeri lutut ini..
Pernah ada suatu pengalaman, seorang pasien telah menderita nyeri lutut kurang lebih 2 tahun, untuk sholat seperti ruku dan tahiyat akhir Ia tidak mampu, dan berdasarkan diagnosa dokter adalah pengkroposan tulang, ada yang menyebut juga syaraf terjepit dan ada pula yang mengatakan pengapuran, setelah digunakan hanya satu titik, kiri dan kanan pada LI 10, sakit langsung hilang dan pergerakan kembali kesedia kala, dan ada pula pasien yang sakit dilipat lutut (Meridian Tay Yang Kaki)sudah lebih dari 5 tahun dengan cara pemijatan (karena takut di jarum) di daerah Tay Yang Tangan sekitar siku (SI 8), sakitnya langsung hilang.

Metode Perbaikan Akhlak adalah biasanya sakit lutut adalah karena ambisi yang berlebihan (lihat kembali tulisan Pengobatan dengan mengoreksi diri).

blogger templates | Make Money Online